Selasa, 14 Februari 2012

Albert Einstein


Sekilas Tentang Einstein
Albert Einstein atau E=mc2, mungkin nama ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Yups, om einstein ini adalah bapak fisikawan yang terkenal dengan teori-teorinya antara lain tentang teori relativitas, teori gerak brown, efek foto elektrik dan masih banyak lagi teori-teori yang di cetus olehnya. Om Einstein lahir di kota Ulm, Jerman pada 14 Maret 1879 dan akhirnya menutup matanya pada tanggal 18 April 1955 di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat.
Pada masa kecilnya ayahnya perna menunjukkan kompas kantung padanya, dia kemudia menjelaskan pengalamannya ini sebagai salah satu saat yang paling menggugah dalam hidupnya. Einstein menyadari bahwa sesuatu diruang yang kosong ini bereaksi terhadap jarum kompas tersebut. meskipun dia membuat alat mekanik sebagai hobi tapi dia dianggap sebagai pelajar yang lambat kemungkinan itu disebabkan oleh dyslexia atau karena struktur yang  jarang dan tidak biasa pada otaknya hal tersebut diteliti ketika dia sudah meninggal. Salah salah faktor ketertarikannya pada dunia sains adalah karena kedua pamannya yang terus membantu mengembangkan ketertarikannya tersebut terhadap dunia intelek, pada masa akhir kanak-kanaknya dan awal remajanya dia diberi usulan dan buku tentang sains dan matematika.
Tercatat ada beberapa kali si om einstein ini berpindah kewarganegaraan antara lain dari kewarganegaraan Jerman yaitu tanah lahirnya sendiri menjadi tidak berkewarganegaraan pada tahun 1896 kemudian beralih menjadi warganegara Swiss pada tahun 1901 dan pada tahun 1914 (menurut wikipedia) Enistein kembali ketanah air, Jerman. Hingga akhir 1933 ketika masa kepemimpinan Hittler yang anti yahudi, sangat berbahaya bagi si Einstein untuk tetap tinggal di Jerman dikarenakan dia adalah seorang Yahudi oleh karena itu dia bersama dengan keluarganya yang secara berjamaah pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1940 bertempat di New Jersey hingga akhir menutup matanya.
Lelaki yang memenangkan Nobel Fisikawan pada tahun 1921 atas efek foto elektrik ini adalah seorang ilmuwan fisika teoritis yang berpandangan luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Sehingga untuk menghargai hasil karyanya nama Eisntein menjadi satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai ensteinium dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein.
Cinta dan Keluarga
Mengnai kehidupan percintaan Einstein, Einstein sendiri perna dekat dengan Mileva Marić seorang wanita Serbia yang juga seorang matematikawan sekaligus tempat Einstein mendiskusikan tentang ketertarikannya terhadap sains. Dia dan Mileva mempunyai seorang putri yang benama Lieserl, lahir pada bulan Januari tahun 1902. Menurut Michele Zackheim, pengarang buku berjudul: Einstein's daughter, Lieserl mengalami kelainan jiwa sejak lahir dan diperkirakan meninggal dunia karena penyakit radang panas (scarlet fever) saat masih bayi. Lieserl Einstein pada waktu itu, dianggap tidak legal karena orang tuanya belum menikah. Tetapi keberadaan Lieserl ini tidak ada yang tahu sampai tahun 1986 saat cucu perempuan Einstein menemukan dan membaca arsip surat tersebut. Menurut arsip surat antara Einstein dan Mileva, Lieserl diperkirakan tinggal bersama keluarga Mileva begitu lahir. (referensi dari Wikipedia).
Einstein sendiri menikahi Mileva pada 6 Januari 1903 dan dikaruniai anak. anak pertama dari pernikahan mereka adalah Hans Albert Einstein, yang lahir pada 14 Mei 1904 dan anak keduanya bernama Eduard Einstein, lahir di Zurich, Swiss pada 28 Juli 1910. 
Pada tahun 1919 orang tua mereka bercerai dan Einstein menikah dengan seorang wanita  kelahiran Hechingen, Jerman yang bernama Elsa. Pada pernikahnya yang kedua Einstein tidak mempunyai anak oleh karena itu mereka membesarkan Ilse dan Margot (hasil pernikah Else dan Max Löwenthal). Albert Einstein beserta keluarganya tinggal di kota Berlin, tetapi pada tahun 1933 mereka pindah dan berimigrasi ke kota Princeton, New Jersey, Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar